BI Akui Data Nasabah Tidak Akurat

Seperti kita ketahui bahwa sejak Mei 2013 Bank Indonesia (BI) telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dalam penggunaan data pada KTP elektronik (e-KTP) untuk memperluas akses layanan perbankan kepada masyarakat.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Darmin Nasution, mengakui data nasabah perbankan dalam melakukan transaksi jasa keuangan tidak akurat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya nasabah yang memiliki nomor rekening di perbankan. BI melihat keakuratan data nasabah, menjadi salah faktor penting dalam dunia perbankan. Untuk itulah, diperlukan data yang akurat dari Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

Dengan adanya e-KTP diharapkan perbankan mampu melihat dan mengawasi jika ada transaksi keuangan yang mencurigakan. Disamping itu, perbankan dapat mengelola profil nasabah dengan lebih baik lagi. Perbankan memerlukan nomor identitas yang unik sehingga kegiatan transaksi dalam sistem keuangan dilandasi dengan indentitas yang tidak bisa dimainkan.

 NIK (Nomor Induk Kependudukan) merupakan nomor identitas unik bagi setiap warganegara dan tidak akan berubah seumur hidup, sehingga seharusnya tidak terjadi lagi duplikasi nomor identitas. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi perbankan dalam mengelola data nasabahnya guna memenuhi ketentuan BI pada PBI, yaitu Single Customer Identification File.

 Namun demikian, data pada e-KTP belum dapat dikatakan semuanya bagus dan memenuhi  kebutuhan perbankan terhadap data nasabah. Misalnya, nama warga negara yang belum standar penulisannya. Yang diperlukan oleh perbankan adalah nama tanpa gelar, baik gelar akademis maupun keagamaan. Begitu juga dengan penulisan alamat yang belum standar.

Jika data pada e-KTP sudah standar dan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha terutama perbankan, tentu akan sangat memudahkan perbankan untuk mengelola profil nasabahnya.

This entry was posted in Data Quality. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s