Data Quality Management

Di era informasi per sekarang ini, Manajemen Kualitas Data sudah menjadi kebutuhan yang tak dapat dipisahkan lagi untuk mendukung operasional perusahaan, baik untuk kepentingan bisnis mapun memenuhi kepatuhan kepada regulator. Penggunaan berbagai macam aplikasi dalam perusahaan menyebabkan tersebarnya sumber data yang tersedia. Hal tersebut dipastikan akan menambah fungsi TI dalam menggabungkan sumber-sumber data yang tersebar itu. Memastikan kualitas data yang digabungkan tersebut dapat berjalan dengan konsisten dan akurat, serta menjaga agar ketersediaan data menjadi kunci berjalannya proses bisnis yang baik. Untuk mendukung tersedianya data dengan kualitas yang baik tentu saja membutuhkan keberadaan Manajemen Kualitas Data yang mumpuni pula.

Kualitas data berbanding lurus dengan kualitas informasi, karena kualitas data yang tak memadai akan menghasikan informasi yang tak akurat, begitu juga sebaliknya. Kualitas data yang rendah akan mendorong kinerja bisnis yang rendah dan kualitas data yang baik akan mendorong kinerja bisnis yang baik pula. Kualitas data yang rendah akan menyebabkan keraguan dalam pengambilan keputusan, pengelolaan risiko yang tidak tepat, dan bertambahnya biaya, seperti biaya untuk melakukan data cleansing, membayar denda kepada regulator dan ketidakakuratan dalam proses bisnis. Sementara itu, kualitas data yang baik akan menyebabkan proses bisnis menjadi lebih efisien dan efektif serta meminimalisir denda kepada regulator.

Image

Aktifitas perbaikan kualitas data atas temuan kualitas data yang buruk memang dapat meningkatkan kualitas data. Namun aktifitas pembersihan data terus-menerus tanpa memecahkan akar permasalahan dari isu kualitas data yang buruk, akan menyebabkan terulangnya siklus data yang buruk, bahkan pertambahan data yang buruk bisa lebih cepat / banyak daripada banyaknya data yang telah dilakukan perbaikan. Hal tersebut tentu saja melelahkan dan dapat meningkatkan biaya-biaya yang tak-terduga dalam proses perbaikan kualitas data. Penyebab kualitas data yang buruk dapat disebabkan oleh faktor people sebagai penginput data (data producer), proses dan teknologi. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan suatu program Manajemen Kualitas Data yang lebih sistemik, dengan melibatkan kerjasama aktif antara pihak IT sebagai pemilik sistem (IT system owner) dan unit bisnis sebagai pemilik data (data owner). Manajemen kualitas data harus dikelola oleh sebuah organisasi tata kelola data (data governance) yang menjadi jembatan  / penghubung antara pihak IT dan unit bisnis agar dapat menghasilkan suatu solusi yang komperhensif dan lebih ekonomis dalam meningkatkan kualitas dan integritas data.

Pendekatan sistemik bukan hanya sekedar tindakan mengoreksi data, tetapi harus lebih dari itu dengan menyertakan pengelolaan kualitas data dalam seluruh siklusnya. Data yang diinput dari awal kemudian ditransformasikan untuk berbagai kebutuhan proses bisnis dan juga lintas aplikasi TI maupun lintas organisasi harus dapat dipastikan informasi yang dihasilkannya memenuhi kebutuhan seluruh pengguna data di dalam organisasi.

Image

Dalam proses pengawasannya, tingkat kualitas data harus dapat diukur dan dimonitor perkembangannya. Hasil pengukuruan tingkat kualitas data tersebut dilaporkan secara berkala kepada pihak manajemen, pemimpin bisnis yang berkepentingan dan unit yang membawahi data producer.

Setelah berhasil mengidentifikasi akar permasalahan isu kualitas data yang ditemukan dalam suatu rangkaian pemrosesan data, maka diperlukan suatu prosedur formal yang jelas  dengan melibatkan kerjasama aktif antara pihak IT, unit bisnis  dan pihak data producer untuk melakukan tindakan perbaikan atas  permasalahan kualitas data tersebut. Hal ini untuk menghindari permasalahan bisnis berkepanjangan yang disebabkan oleh Isu kualitas data tersebut. Disamping itu kepedulian pihak data producer terhadap pentingnya kualitas data juga harus terus ditingkatkan untuk menghasilkan kualitas data yang baik.  

Dengan meningkatnya kualitas data diharapkan proses bisnis menjadi lebih efektif dan efisien serta keuntungan meningkat.

Image

Semoga bermanfaat.

This entry was posted in Data Quality and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s